Feeds:
Pos
Komentar

Polisi pelindung masyarakat?

Beberapa bulan belakangan ini saya memang sempat berhenti menulis di blog saya. Bukan karena ga ada inspirasi sih… kalau diingat-ingat, berjubel unek-unek sudah bercokol di hati saya menunggu untuk dituangkan. Namun,…… nyatanya kesibukan di kantor dan kehidupan personal saya malah lebih menyita waktu. Makanya sementara waktu saya tidak exist lagi di dunia per-blog-an.

Anyway, hari ini memang saya punya unek-unek yang rasanya sayang kalau tidak saya curahkan dalam bentuk tulisan. Biar sewaktu-waktu pihak-pihak terkait mungkin secara tidak sengaja membaca tulisan saya dan kemudian jadi tersindir… (niat banget nih nulis….).

Ceritanya hari Sabtu kemarin tanggal 10 Januari seperti biasa saya mudik ke Sukabumi. Karena tidak ada pembantu di rumah, rencana untuk berangkat pagi-pagi tidak terpenuhi karena harus kerja bakti bersih-bersih rumah terlebih dahulu.

Sekitar pukul 12 siang baru kami berangkat dari rumah, saya, suami dan seorang teman, dengan menggunakan motor. Cuaca hari itu memang agak lembab dan basah karena baru saja hujan, makanya suami menjalankan motor dengan agak pelan karena jalanan lumayan licin.

Awalnya perjalanan kami lancar-lancar saja tanpa ada halangan berarti. Saat kami melewati daerah Cikereteg, tepat di persimpangan antara jalan raya sukabumi dan cikereteg, di seberang pom bensin, dari samping kiri kami muncul pengendara motor ninja hijau menyalip kami. Saat itu suami masih tenang-tenang saja.Tapi saat melewati tikungan, pengendara motor tersebut tiba-tiba belok ke arah kanan tanpa memberikan sen tanda akan belok dan langsung menyeberang ke seberang jalan sebelah kanan. Kontan saja kami langsung kaget. Saya malah pake teriak segala karena motor kami oleng hebat dan hampir saja terguling karena menghindari motor ceroboh tersebut. Yang membuat kami lebih kaget lagi adalah pas di depan kami saat itu muncul mobil truk fuso gandeng pengangkut galon air minum. Waduh, makin kaget saja kami. Untung saja suami bisa segera menguasai diri dan sempat menghindar dari mobil truk besar itu.

Karena kesal, suami saya setengah berteriak pada pengendara motor tersebut untuk hati-hati dan menyalakan sen saat akan belok. Tapi yang membuat kami lebih kesal lagi, pengendara motor tersebut malah anteng-anteng saja…. meskipun tau kami hampir saja celaka, pengendara motor itu malah menunjukkan sikap tidak perduli. Boro-boro melihat keadaan kami, minta maaf saja tidak,  kemudian dengan santainya parkir di seberang jalan sambil menatap kami yang masih lemas karena shock!

Setelah kami perhatikan, si pengendara motor ini ternyata memakai seragam resmi polisi…. Wah, saya jadi malah tambah kesal… meski sudah agak jauh di depan saya pelototilah orang itu… tau saya pelototi terus, si polisi ceroboh itu memanggil rekan-rekannya sesama polisi yang kebetulan lagi nongkrong di sekitar situ dan balik memelototi saya… tapi saya tetap tidak perduli dan terus manatap polisi tersebut. Eh, tidak lama polisi itu menaiki lagi ninjanya dan bergaya seolah-olah akan mengejar kami….

Karena merasa tidak bersalah ya.. kami tenang-tenang saja. Suami malah sengaja memelankan laju motor karena penasaran. Ternyata setelah ditunggu-tunggu polisi itu belum muncul-muncul juga… akhirnya kami teruskan saja perjalanan.

Kejadian tersebut akhirnya menjadi bahan pembicaraan kami selama perjalanan. Kami tak habis pikir bagaimana bisa polisi lalu lintas yang seharusnya melindungi para pengguna jalan malah bersikap semaunya dan sok ngebos di jalanan. Kalau begini caranya, malah kita dong yang dirugikan…

Setelah kami sampai di daerah Cidahu (Cicurug), kami putuskan untuk istirahat sejenak untuk melepaskan rasa pegal dan penat sesudah 1 jam lebih berkendara. Tidak taunya, di warung tempat kami istirahat pun muncul juga obrolan hangat tentang aksi polisi yang tidak bertanggung jawab.

Salah seorang supir Colt L 300 jurusan Sukabumi-Bogor yang kebetulan sama-sama nongkrong di warung tersebut bercerita banyak tentang tingkah laku polisi yang kerap merugikan mereka. Namun yang paling menarik perhatian saya adalah mengenai para polisi atau calon polisi yang sering jadi penumpang para supir colt ini. Usut punya usut, menurut cerita supir colt itu, para polisi atau calon polisi yang menumpang di angkutan mereka itu seringkali tidak membayar ongkos angkutan. Biasanya mereka naik bergerombol (kadang juga sendiri-sendiri). Saat turun dari mobil, mereka langsung turun dari angkutan tanpa basa-basi pada supir ataupun menoleh lagi dan langsung pergi. Dan ini ternyata sering sekali terjadi.

Memang di daerah Lido (Cigombong) terdapat akademi kepolisian Polda Metro Jaya sehingga pada saat week end biasanya banyak calon polisi yang berasal dari berbagai daerah menjadi penumpang angkutan umum. Kalau dalam satu hari para pengemudi biasa mengangkut 4 orang polisi saja, dikalikan sebelas ribu sudah Rp. 44rb …..  kalau dihitung-hitung rugi juga ya…

Saya tidak menilai semua polisi itu tidak bertanggung jawab, saya yakin ada banyak juga polisi yang mau mengayomi masyarakat. Tapi patut dipertanyakan juga tuh, aksi-aksi polisi semacam itu…  salah-salah nanti masyarakat tidak akan mau lagi mempercayai kinerja polisi. Padahal, polisi kan pelindung masyarakat, bukan malah jadi benalu bagi masyarakat… Iya enggak!

I’m Back!

Ladies and Gentlemen… setelah vakum selama beberapa bulan… finally I’m back…
Now, I’m ready to write and of course to receive comments…

Nggak kerasa lebaran sudah lewat lagi dan hari ini saya harus sudah mulai merefresh otak saya lagi untuk mulai bekerja… ngomong-ngomong soal lebaran, hari lebaran saya kali ini kayaknya agak menarik karena pada hari lebaran pertama dan kedua saya kedatangan para tamu yang unik-unik… Ini nih ceritanya…

Lanjut Baca »

Fakta dan informasi berguna menyangkut kesehatan untuk menjaga berat tubuh dan kesehatan tetap seimbang :

1.    Tahukah anda penumpukan lemak di perut sangat lebih membahayakan dibanding penumpukan di paha, lengan atau pantat? Di dalam perut kita terdapat organ tipis dan berjaring yang menggantung menutupi perut yang bernama Omentum. Kalau terlalu banyak mengkonsumsi lemak, Omentum akan menyerapnya sehingga membuat perut kita buncit dan menekan hati.

Omentum ini jugalah yang membuat kita selalu merasa lapar. Oleh karena itu beruntunglah bagi anda yang jika kelebihan berat badan, lemak justru menumpuk di paha, pantat atau lengan karena resikonya lebih kecil ketimbang perut yang buncit.

2.    Lingkar pinggang yang masih normal untuk wanita adalah sekitar 32,4 inci atau sama dengan ± 80 – 82,5 cm. Syukur-syukur bisa kurang dari itu. Kalau lingkar pinggang wanita melebihi 40 Inci atau ± 100 – 102 cm maka beresiko tinggi terkena kanker payudara apalagi kalau sudah berumur 50 tahun ke atas.

3.    Lingkar pinggang yang masih normal untuk pria adalah 35 Inci atau ± 85 – 89 cm. Kalau lingkar pinggang laki-laki lebih dari 44 inci atau sekitar  110 – 112 cm maka beresiko tinggi terkena kanker prostat apalagi kalau sudah berumur 50 tahun ke atas.

4.    Untuk menjaga pencernaan, sebaiknya banyak mengkonsumsi serat karena serat akan memperlambat masuknya makanan yang sudah dicerna dan diserap di usus halus ke usus besar sehingga kita tidak cepat merasa lapar.

5.    Sebelum melakukan diet, sebaiknya kita mengetahui berat badan kita, lingkar pinggang, tingkat kolesterol dan tekanan darah agar kita bisa membuat pencegahan dan melakukan diet yang sesuai dengan kondisi tubuh.

6.    Diet yang seimbang terdiri atas ; makan berserat, tidur yang cukup, air putih, olahraga dan seks yang sehat dan produktif.

7.    Serat yang baik dapat ditemukan pada padi-padian, gandum, buah-buahan, dll.

8.    Sistem pencernaan kita memproduksi dua jenis hormon yaitu Ghrelin, yang membuat kita lapar (perut kita bunyi) dan Leptin, yang membuat kita kenyang (berhenti makan).

Memakan makanan yang manis atau gula apalagi pemanis buatan seperti High Fructose Corn Syrup akan menekan hormon Leptin dan mengaktifkan hormon Ghrelin sehingga kita merasa lapar terus, atau ingin makan terus. Sebaliknya apabila kita makan serat atau kacang walnut mentah tanpa gula sebelum makan, akan menekan kadar Ghrelin dan mengaktifkan hormon Leptin sehingga kita berhenti makan.

9.    Makanlah buah-buahan. Kandungan phytochemical yang banyak terdapat dalam buah berwarna, sangat ampuh membantu mencegah kanker dan penyakit lainnya. Karenanya, rajinlah makan buah-buahan. Ingat jangan hanya sejenis buah saja yang Anda makan. Kendati Anda memang pelahap buah tertentu tapi cobalah untuk mengkonsumsi bermacam jenis buah-buahan.

10.     Lemak yang baik adalah lemak yang terdapat dalam minyak ikan, alpukat, kacang-kacangan.

11.    Kurangi mengkonsumsi makanan kalengan atau processing food. Karena umumnya untuk proses pengawetannya biasanya menggunakan garam.

12.    Hindari lemak yang banyak bersembunyi di makanan dengan membatasi konsumsi donat, crackers, coklat, muffin, kue kering

13.    Obesitas bisa menyebabkan panyakit jantung. Penyebabnya : Perut yang semakin membesar sehingga menekan lambung sehingga enzim tertekan dan naik ke saluran lambung sehingga membakar saluran lambung. Hal ini bisa menimbulkan kanker dan gangguan pada jantung (kardiovaskuler).
Oleh karena itu hindari makan terlalu kenyang atau minum terlalu banyak di tengah makan.

14.    Stress dapat menimbulkan penuaan, resiko jantung, stroke dan hilang ingatan. Selain itu, stress dalam perkawinan dapat memperlambat penyembuhan pada luka.

15.    Kecenderungan makan dapat mengindikasikan emosi kita :
–    saat ingin mengkonsumsi yang manis, mengindikasikan bahwa kita sedang depresi,
–    saat ingin mengkonsumsi yang asin, mengindikasikan bahwa kita sedang stress,
–    saat ingin mengkonsumsi yang manis dan lembut, mengindikasikan bahwa kita sedang cemas,
–    saat cenderung ingin memakan semua jenis rasa, mengindikasikan bahwa kita sedang cemburu.
Untuk menghilangkan itu semua, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung Omega-9.

16.    Setiap 35 detik orang meninggal karena jantung. Penyebab utama penyakit jantung adalah hipertensi. Baru setelah itu kolesterol tingi. Hipertensi memicu kolesterol sehingga terjadi penumpukan atau penyumbatan di arteri dan menyebabkan gangguan pada jantung.

17.    Agar kesehatan seimbang, makan buah dan sayuran 9 kali atau 9 porsi sehari dan olahraga 30 menit per hari ( 10.000 langkah per hari).

18.    Menghirup nafas dalam-dalam menyembuhkan 82 %  penyakit asma, melancarkan peredearan darah, stress, dll. Cara mengambil nafas yang baik adalah tidak hanya menggunakan paru-paru tetapi juga perut.

19.    Ada 4 latihan yang sederhana yang bisa diterapkan :
–    jalan kaki setiap hari paling tidak 30 menit,
–    membentuk otot, bisa berupa angkat beban,
–    harus berkeringat paling tidak setengah jam dalam seminggu, dan
–    meregang (strech).

Suami tinggal di rumah?

Baru-baru ini saya dan teman-teman kantor mengaktifkan kembali English Club kami yang sudah beberapa lama vakum. Biasanya kami setiap anggota menyampaikan topik-topik tertentu yang menarik atau kontroversial secara bergiliran lalu mendiskusikannya bareng-bareng dalam Bahasa Inggris tentunya.

Kebetulan minggu yang lalu memang giliran saya menyampaikan topik yang harus hot and aktual. Awalnya saya sempat bingung mau membahas topik apa. Untungnya saya ingat salah satu topik yang pernah diangkat dalam salah satu acara OPRAH SHOW yang cukup menarik. Temanya adalah membahas tentang Stay-at-home-husband atau suami yang tinggal di rumah sementara istri bekerja mencari uang…

Meski awalnya sempat ragu karena most of member belum pada nikah, tapi setelah saya buat materinya dan saya sampaikan dalam diskusi ternyata topik tersebut bisa kami bahas dengan seru dan menarik. So, setelah diskusi panjang lebar dengan teman-teman, saya tergugah untuk menuliskannya, siapa tahu ada yang ingin ikutan diskusi. Here it is…

Lanjut Baca »

Hari ini puasa sudah menginjak hari kelima. Lemes banget rasanya,… padahal baru ikut puasa 3 hari tapi rasanya fisik sudah ngedrop banget. Mana godaannya banyak banget lagi, ya es buahlah, breadtalklah, belum lagi iklan-iklan makanan di tv yang tidak pandang waktu dan tempat! Tapi kalau godaan makanan sih aku masih kuat… yang bikin lemes justru kalau bulan puasa kantong kering… ga bisa beli bukaan yang diiklanin di tv-tv itu…… terpaksa deh berbagai cara daku lakukan demi menambah penghasilan selama bulan rhamadan. Lanjut Baca »

Sing Emut Kana Budaya Sunda

Sabenerna geus lila kuring hayang nyobaan nulis ku basa Sunda teh, ngan mineng ragu-ragu lantaran kuring mah teu bisa nulis. Kulantaran lamun nulis ku basa sunda mah kudu bener-bener apal kana tata basa sunda anu leres. Sok sanajan kitu ayeuna kuring rek ngawani-wanikeun maneh nulis dina basa sunda da ieu mah blog sorangan. Lamun aya nu maca nya sukur, mun henteu ge,  bisa jang bacaeun kuring sorangan. Ieu Yeuh…..

Lanjut Baca »